MARBLE CAKE


      Marble cake pada dasarnya berasal dari resep pound cake. Cake ini berasal dari jerman dan mulai muncul pada abad ke 19. Kemudian di bawa ke Amerika  oleh para imigran jerman sebelum perang sipil. Awalnya, lapisan marblenya merupakan campuran molases dan rempah-rempah. Resep pertama marble cake dipublish di sebuah buku masak Amerika bernama Aunt Babette's cookbook: Foreign and Domestic Receipts for the Household pada tahun 1889. Di buku ini molases dan rempah diganti dengan coklat. Saat itu masyarakat Amerika sangat terobsesi dengan coklat. 
     Di indonesia tidak ada data tertulis kapan kue ini mulai digemari. Yang saya ingat setiap hari raya cake ini selalu menjadi cake favorit dan cake  andalan untuk di hidangkan di atas meja. Ada cerita menarik saat saya masih sekolah dasar kelas 5 atau 6. Saat itu kami masih menggunakan spiral whisk untuk mengocok adonan. Dan biasanya kami akan bergantian mengocok adoanan marble ini. Dua tangan saya gunakan bergantian. Sampai berpeluh-peluh. Ketika sudah lelah, gantian ayah atau adik saya yang meneruskan mengocok. Dan ketika kue ini matang, rasanya bahagia sekali.


      Dan membuat marmer cake itu selalu penuh dengan kejutan dan bagian yang selalu mendebarkan adalah ketika memotong cake yang sudah matang. Kita tidak pernah tau motif apa yang akan muncul. 

Resep marble cake:
Bahan :
250 g gula halus
250 g butter (saya pake merk anchor)
200 g terigu sgitiga
Vanili secukupnya
12 kuning telur
6 putih telur
25 g Coklat bubuk
1 sdm coklat pasta

Cara membuat :
  1. Kocok putih telur sampai kaku, sisihkan.
  2. kocok butter dan gula halus sampai lembut 
  3. Masukkan kuning telur satu per satu sambil terus dikocok dan berwarna pucat
  4. Masukkan vanili dan terigu, aduk rata menggunakan spatula
  5. Masukkan kocokan putih telur, aduk rata
  6. Ambil kurang lebih dua sendok sayur adonan, campur dengan coklat bubuk yang sudah diayak dan coklat pasta. Kemudian diaduk hingga rata
  7. Tuang adonan putih ke dalam loyang yang sudah diolesi mentega dan ditaburi terigu, lalu tuang adonan coklat dan terkhir tutup dengan adonan putih 
  8. Swirl permukaan adonan dengan garpu untuk mendapatkan corak marmer
  9. Panggang sampai matang di suhu 180 dercel. Waktunya disesuaikan dengan kondisis masig-masing oven ya!
 Enjoy ❤

Comments

Popular Posts