KULIT SUS




      Pertama kali bikin kue sus, bener-bener gagal total. Meskipun bahan sudah ditimbang dengan akurat, semua tahap diikuti dengan benar, tapi ternyata hasilnya tidak sesuai dengan gambar yang ada di buku resep. Entah sudah berapa kali saya gagal dan entah percobaan keberapa sampai akhirnya saya bisa berhasil. Dan diantara semua percobaan saya yang gagal, ada adik saya yang selalu menikmati dengan lahap semua kue-kue gagal saya. Dia selalu bilang, 'Enak kok', sambil melahap habis semua kue. Baginya makanan itu hanya ada dua jenis, enak dan enak sekali. 


   Sampai akhirnya saya menemukan potongan kertas 'Tips dan Trik' membuat kue sus dari tabloid Nova,  supaya sus yang kita buat tengahnya kosong. Intinya begini :
  1. Air/susu dan mentega/butter harus dipanaskan hingga mentega/butter meleleh dan mendidih kurang lebih 5 menit
  2. Matikan api, masukkan terigu aduk agar tidak menggumpal dan tidak lengket di wajan/panci. lalu nyalakan kembali api kompor dan dimask hingga matang. Matikan kompor. 
  3. Dinginkan sambil aduk sesekali  (kalo bikin banyak saya suka pake mikser). 
  4. Telur ditambahkan ketika adonan sudah mulai dingin atau hangat kuku, supaya telurnya tidak mateng duluan. 
  5. Panggang di oven pada suhu 200 dercel di rak paling bawah. Dan selama memanggang, tidak boleh buka tutup oven. Ketika bagian atas kulit sus sudah mulai 'golden brown' atau sedikit coklat, baru boleh dipindahkan ke rak bagian atas.
     oh ya, teman-teman harus betul-betul paham dengan karakter oven masing-masing. Teman-teman yang menggunakan oven listrik atau oven gas yang dilengkapi dengan termometer lebih mudah mengatur suhu yang diinginkan. Awal sekali saya menggunakan otang alias oven tangkring. Agak sulit memang untuk mengetahui  panas yang diinginkan. Biasaya saya akan memanaskan oven terlebih dahulu,  kurang lebih 20 menit. Indikator suhu di dalam oven sudah panas, bila tutupnya dibuka uap panas akan terasa pada jarak kurang lebih satu meter (meski sebenernya ngga saya ukur pake meteran juga sih!)


Resep Kulit Sus :
Bahan :
100 g       mentega/butter
200 cc     air/susu
100 g       Terigu
3 butir telur utuh
garam secukupnya

Cara Membuat :
  1. Panaskan air/susu dan mentega dan garam dalam wajan/panci bersama2 hingga mentega meleleh sempurna dan mendidih kurang lebih 5 menit
  2. Matikan api kompor. Masukkan terigu, aduk hingga rata dan tidak menggumpal. Nyalakan kembali, masak kembali adonan hingga matang kurang lebih 5 menit.
  3. Dinginkan adonan sambil sesekali diaduk.
  4. Masukkan telur satu per satu, kocok menggunakan mikser hingga adonan rata dan licin
  5. Cetak menggunakan spuit atau menggunakan sendok ke dalam loyang mini pai
  6. Panggang di oven pada suhu 200 dercel 

❤❤ Enjoy ❤❤

Comments

Popular Posts